July 16, 2011

Good Input = Good Results


Banyak orang yang bertanya, gimana sih agar sound ketika merekam lagu bagus ?. Pertanyaan sederhana tapi sungguh rumit untuk dijawab. 

Saya suka iseng ngerekam dan mengutak-atik audio di kamar dengan peralatan seadanya. Dari pengalaman saya sebagai contoh, penggunaan equalizer bisa digunakan untuk memperbaiki audio yang kurang pas didengar, misalkan dengan memboost atau meng-cut pada frekuensi tertentu hingga hasilnya lebih nge-blend dengan isntrument lain atau menghilangkan suara sonic pada frekuensi yang sangat rendah/tinggi. Equalizer juga bisa digunakan untuk membentuk karakter suara instrument, tapi ini dilakukan pada proses pre-recording bukan pada saat post-recording. Jadi ketika proses mixing biasanya saya sudah tidak memikirkan mengenai bentuk karakter suara tapi lebih fokus pada balance dan coloring musik secara keseluruhan. Sebisa mungkin saya menghindari namanya "FIX IN THE MIX" bahkan terkadang saya tidak menggunakan equalizer sama sekali jika audio yang direkam sudah enak terdengar untuk tetap menjaga karakter suara aslinya. Selain itu ada juga tools lain yang bisa digunakan seperti compressor, exiter, dll tapi ya itu tadi fungsinya hanya sebagai pengolah jika sudah berada pada tahap mixing bukan sebagai pembentuk karakter suara.

Jadi saran saya, jika ingin mendapatkan sound yang bagus untuk lagu anda, sebaiknya lakukan pencarian karakteristik suara yang benar-benar anda inginkan dengan gear yang anda miliki sebelum proses rekaman berlangsung dan gunakan teknik permainan yang baik ketika proses rekaman berlangsung. Karena input yang anda rekam adalah bahan dasar untuk outputnya nanti, jika inputnya saja sudah tidak karuan otomatis outputnya juga ga bakalan maksimal.

Plugins, DAW, Audio Recording Gear dan sebangsanya hanya sebuah fasilitas untuk mengolah, bukan dewa yang bisa secara instant mengubah input yang buruk menjadi sangat bagus. Kualitas akhirnya tetap saja ditentukan oleh SDM yang berproses dan menggunakan semua fasilitas itu sendiri.

Jadi inget pepatah karuhun Lembur Bitung "Proses Adalah Segalanya". 

Cheerz (^^)v

0 comments: