July 17, 2011

Trend Lipsync

Nah sekarang mari kita cermati apa yang menjadi kebiasaan musisi di Indonesia. Ya sekarang lagi musim lipsync. Apa itu lipsync ? dari Wikipedia "Lip sync, lip-sync, lip-synch (short for lip synchronization) is a technical term for matching lip movements with sung or spoken vocals" atau pencocokan gerakan bibir dengan pengucapan vocal [yang biasanya sudah direkam terlebih dahulu dalam musik atau dikenal dengan istilah dubbing dalam dunia film]. 

Disini saya membatasi lipsync dalam dunia pertunjukan musik. Kita tidak asing lagi sekarang meilhat penyanyi/band yang melakukan lipsync setiap hari, tonton Tv aja pagi sore siang malem pasti ada yang melakukannya. Salah ? kalau menurut saya sih salah jika itu dilakukan oleh seorang musisi karena hal itu sama saja dengan menipu audience. Loh kenapa emang ? ya kalo live kan orang itu pengen denger kemampuan asli dari musisi itu bukan mendengar hasil rekaman yang diputer dan musisinya sendiri belaku seperti boneka pajangan. Kalau mau sama persis seperti hasil rekaman ya sudah dengerin CD nya aja langsung, ngapain musisinya cape-cape dateng trus gerak-gerak ga jelas sambil dipelototin banyak orang.

Saya fikir kenapa di Indonesia tidak memberlakukan hukuman untuk artis yang melakukan lipsync [artis = seniman = orang yang mempunyai kemampuan di bidang seni] seperti China atau Korea (??walaupun baru sebatas isu :D). Dengan begitu artis tidak akan keterlaluan dan bebas "menipu"  fans nya sendiri [ada bahasa yang lebih halus ga buat ini ?? heheh]. Ini bukan pendapat sentimentil dari saya, pendapat saya berdasarkan asas kejujuran dalam menunjukan kemampuan bermusik di hadapan publik. Artinya seorang musisi seharusnya bisa menunjukan kalau dirinya memiliki kemampuan bermusik yang layak untuk diapresiasi, bukan hasil dari ekploitasi bisnis hiburan dan manipulasi teknologi.

Jadi para musisi saya harap berhentilah menggunakan jasa lipsync, tunjukan kemampuan anda yang sebenarnya. Give me your real talent !!! come on.

Cheerz (^^)v

0 comments: