July 20, 2011

Asio 4 All = Solusi Latency Pada Soundcard WDM


Untuk merekam audio dengan kualitas yang bagus biasanya diperlukan sebuah soundcard yang memadai. Soundcard yang umum digunakan untuk merekam saat ini biasanya menggunakan driver ASIO yang merupkan trademark dari Steinberg. Nah bagaimana kalau kita ingin merekam audio dengan menggunakan soundcard multimedia biasa yang dirancang bukan untuk merekam audio ?

Solusinya mudah, juragan bisa menggunakan software ASIO 4 ALL sebagai solusinya. Software ini mensimulasikan driver ASIO pada hardware yang menggunakan driver WDM. Jika menggunakan soundcard WDM biasanya audio yang direkam memiliki latency yang cukup besar, hingga ketika merekam audio akan menjadi "lelet" atau memiliki jeda yang cukup lama antara bunyi realtime dan sinyal yang diterima DAW.

Pengoprasiannya mudah, tinggal install dan atur di control panelnya untuk menyesuaikan latency audio dan jangan lupa untuk memindahkan default audio driver anda ke ASIO 4 ALL pada DAW yang anda gunakan, tapi biasanya pada setting default software ini sudah bisa langsung dipakai tanpa harus mengutak-atik lagi setting defaultnya. Software ini gratis, dapat di download disini.


Software ini tidak merubah kualitas audio yang anda rekam, hanya mengurangi latencynya saja (^^)v

0 comments: